Dalam suatu pasar terdapat
produsen dan konsumen yang melakukan jual beli, dan tentunya banyak konsumen
yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Melihat atau mengenal
setiap konsumen yang memiliki selera berbeda, maka dari itu seorang produsen
haruslah melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses membagi
pasar menjadi kelompok konsumen/pembeli yang berbeda sesuai dengan
karakteristik konsumen masing-masing.
Pentingnya segmentasi pasar
bagi seorang produsen maupun sebuah perusahaan karena memungkinkan mereka lebih
terfokus dalam mengalokasikan sumber daya, merupakan basis untuk menentukan
komponen-komponen strategi, taktik dan value secara keseluruhan. Segmentasi
yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan
basisbagi penentuan positionin, dan segmentasi merupakan faktor kunci
mengalahkan pesaing.
Untuk bisa bersaing dalam
dunia bisnis, seorang produsen harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat, stratregi
tersebut adalah segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan yang
dilakukan produsen atau perusahaan dalam mengelompokkan konsumen homogen yang
berbeda untuk menyesuaikan gabungan pemasaran untuk target pasar yang berbeda.
Kriteria segmen pasar yang baik adalah dapat diukur (measurable), dapat diakses
oleh saluran distribusi, memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mix,
bersifat stabil (tidak terlalu cepat berubah), memiliki ukuran yang cukup besar
supaya menguntungkan. Pembagian segmentasi pasar terbagi 2 yaitu, segmentasi
pasar konsumen dan segmentasi pasar perusahaan.
Segmentasi pasar juga
bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas stratregi pemasaran yang telah disusun,
serta lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan lebih efisien
dan efektif. Segmentasi yang berorientasi pada peningkatan pemasaran akan
memberikan keuntungan bagi pebisnis dan pelanggan yaitu seperti menyediakan keinginan dan kebutuhan pelanggan
dengan baik, meningkatkan pendapatan, dan peluang untuk tumbuh.
Dari sedikit penjelasan
diatas, dapat saya simpukan bahwa produsen harus melakukan segmentasi pasar
agar lebih mudah dalam pemasarannya. Begitu juga dengan konsumennya lebih mudah
bagi mereka untuk membeli ataupun mencari produk yang mereka inginkan. Produsen
juga dapat mencapai pangsa pasar yang lebih baik dan peningkatan stratregi yang
lebih terarah dan jelas.
http://massofa.wordpress.com/2009/03/03/segmentasi-pasar/
http://rajapresentasi.com/2009/04/kriteria-dalam-penentuan-segmentasi-pasar/
No comments:
Post a Comment