Segmentasi Pasar Bagi Produsen


Dalam suatu pasar terdapat produsen dan konsumen yang melakukan jual beli, dan tentunya banyak konsumen yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Melihat atau mengenal setiap konsumen yang memiliki selera berbeda, maka dari itu seorang produsen haruslah melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok konsumen/pembeli yang berbeda sesuai dengan karakteristik konsumen masing-masing.
Pentingnya segmentasi pasar bagi seorang produsen maupun sebuah perusahaan karena memungkinkan mereka lebih terfokus dalam mengalokasikan sumber daya, merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi, taktik dan value secara keseluruhan. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan suatu acuan dan basisbagi penentuan positionin, dan segmentasi merupakan faktor kunci mengalahkan pesaing.

Untuk bisa bersaing dalam dunia bisnis, seorang produsen harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat, stratregi tersebut adalah segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan yang dilakukan produsen atau perusahaan dalam mengelompokkan konsumen homogen yang berbeda untuk menyesuaikan gabungan pemasaran untuk target pasar yang berbeda. Kriteria segmen pasar yang baik adalah dapat diukur (measurable), dapat diakses oleh saluran distribusi, memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mix, bersifat stabil (tidak terlalu cepat berubah), memiliki ukuran yang cukup besar supaya menguntungkan. Pembagian segmentasi pasar terbagi 2 yaitu, segmentasi pasar konsumen dan segmentasi pasar perusahaan.
Segmentasi pasar juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas stratregi pemasaran yang telah disusun, serta lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan lebih efisien dan efektif. Segmentasi yang berorientasi pada peningkatan pemasaran akan memberikan keuntungan bagi pebisnis dan pelanggan yaitu seperti  menyediakan keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan baik, meningkatkan pendapatan, dan peluang untuk tumbuh.

Dari sedikit penjelasan diatas, dapat saya simpukan bahwa produsen harus melakukan segmentasi pasar agar lebih mudah dalam pemasarannya. Begitu juga dengan konsumennya lebih mudah bagi mereka untuk membeli ataupun mencari produk yang mereka inginkan. Produsen juga dapat mencapai pangsa pasar yang lebih baik dan peningkatan stratregi yang lebih terarah dan jelas.

Referensi :  
http://massofa.wordpress.com/2009/03/03/segmentasi-pasar/ 
http://rajapresentasi.com/2009/04/kriteria-dalam-penentuan-segmentasi-pasar/

No comments:

Post a Comment