Koperasi Sekolah

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
kami akan membahas tentang koperasi sekolah yang sudah kami survei, koperasi yang ada pada salah satu sekolah swasta di jakarta. Disekolah ini memiliki 2 macam koperasi yaitu koperasi simpan pinjam dan koperasi konsumsi. Namun yang kami survei ialah koperasi konsumsi .
koperasi konsumsi ini berdiri sejak 4 tahun yang lalu atau pada tahun 2007 dan hingga saat ini. Sejarah didirikan koperasi ini adalah untuk melengkapi keperluan para siswa dalam belajar setiap harinya dan serta untuk meningkatkan kesejahteraan di lingkungan sekolahnya.
Koperasi ini terdiri dari susunan yang memiliki 1 ketua 2 sekretaris dan 1 bendahara dan mempunyai 13 anggota.dimana anggotanya setiap bulan nya diharuskan membayar biaya sebesar Rp 10.000,- untuk dana simpan pinjam .disini koperasi menyediakan barang-barang seperti ATK (alat tulis kantor) , buku tulis  , beberapa makanan kecil dan peralatan sekolah lainnya . rapat anggota nya di adakan setiap 3 bulan sekali tentang pembahasan seperti laporan keuangan dan tentang perkembangan koperasi setiap bulannya serta mengevaluasi setiap masalah yang ada dalam koperasi.
Perkembangan koperasi di sekolah ini awalnya minim namun seiring berjalannya waktu koperasi ini dapat berkembang secara lebih baik dan keadaan uangnya bertambah lebih besar dari tahun sebelumnya. Sisa hasil usaha (SHU) atau keuntungan usaha yang dilakukan oleh koperasi dibagi berdasar besarnya jasa masing-masing anggota.koperasi ini juga untuk meningkatkan penghasilan anggota yang berjasa dan setia kepada koperasi .
Koperasi juga memberikan harga barang yang lebih murah dari harga yang dipasarkan dan koperasi  menumbuhkan rasa kekeluargaan terhadap anggotanya dengan lingkungannya.
demikian laporan yang kami buat dari hasil survei tersebut, untuk kurang dan lebihnya kami mohon untuk dimengerti.

No comments:

Post a Comment