Aplikasi untuk Mencari iPad yang Hilang

Kehilangan sesuatu bukan lagi hal asing yang kita dengar dalam sehari-hari, apalagi sesuatu itu sangat berharga bagi pemiliknya. Entah itu hilang karena dicuri, hilang karena tertinggal atau terlupa, dan berbagai alasan lainnya. Semua itu tergantung kewaspadaan kita menjaga sesuatu yang kita miliki. Salah satu contoh adalah waspada kita terhadap gadget yang kita miliki untuk pemilik perangkat iOS seperti iPhone, iPad maupun iPod, bisa memanfaatkan aplikasi “Find My iPhone” yang dibuat khusus untuk membantu menemukan iPad yang hilang. Bermula dari seorang bocah berumur 8 tahun bernama Landon Crabtee pada bulan April 2012 lalu telah menemukan kembali iPad-nya beserta barang berharga milik keluarganya yang dirampok dengan bantuan aplikasi Find My Phone, berhasil melacak keberadaan iPad-nya dan memberi kemudahan bagi polisi untuk mengejar para pelaku itu. Meski kita tidak berharap menggunakan aplikasi ini, namun ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan menginstalnya ke perangkat iOS. 
Sebelum kita menerapkan langkah-langkah penggunaannya maka ada baikny kita mengetahui apa saja kelebihan yang terdapat pada aplikasi “Find My iPhone”. Kelebihannya antara lain: melacak lokasi iPad Anda melalui peta, memunculkan pesan Anda pada layar utama iPad dan mengeluarkan suara khusus dengan volume penuh walaupun dalam posisi mute, mengunci iPad dengan ‘Remote Lock’ jadi iPad Anda bisa dikunci dengan password secara jarak jauh untuk memblok akses ke dalamnya, dan Anda juga bisa menghapus seluruh isi iPad dengan ‘Remote Wipe’ secara jarak jauh dengan begitu tidak ada pihak ketiga yang bisa mengambil ataupun melihat data yang tersimpan pada iPad Anda.
Lalu bagaimanakah langkah-langkah untuk mendapatkan aplikasi Find My iPhone tersebut? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama tentunya download terlebih dahulu Find My iPhone dari AppStore, setelah berhasil di download maka instal aplikasi pada iPad Anda. 
  2. Buka aplikasi, kemudian masukan akun iTunes yang Anda miliki berupa ID dan Password untuk mulai mengaktifkan aplikasi Find My iPhone pada iPad Anda. 
  3. Untuk yang memiliki device iOs lainnya seperti iPhone atau iPod touch, lakukan hal yang sama seperti langkah ke-1 da ke-2 
  4. Untuk yang tidak memiliki device iOs lain, maka dilakukan melalui PC atau Mac dengan mengunjungi https://www.icloud.com/#find dan masukkan kembali dengan akun iTunes. 
  5. Untuk menggunakan fitur tambahan dari Find My iPhone, klik ikon “I” berwarna biru disamping lokasi iPad pada peta. Maka akan muncul menu tambahan seperti Play Sound or Send Message, Remote Lock, dan Remote Wipe dimana fungsinya telah dijelaskan sebelumnya. 
  6. Hal yang harus diperhatikan adalah Anda telah mengijinkan akses aplikasi Find My iPhone sebelumnya pada iCloud, untuk mengecek masuk ke ‘Setting’ > ’iCloud’ > ’Find My iPad’ lalu klik ON. 
  7. Perhatikan juga mengaktifkan Location Service aplikasi ini, caranya masuk ‘Setting’ > ‘Location Services’ > ‘Find My iPad’ lalu klik ON. 
Mudah bukan untuk mengaplikasikan aplikasi Find My iPhone tersebut. Tidak ada salahnya untuk dipasang pada perangkat iPhone Anda karena aplikasi tersebut bisa di download dan instal secara “Gratis”. Meskipun Anda ada yang merasa tidak akan kehilangan iPad Anda mungkin karena selalu dalam genggaman dan pengawasan yang ketat oleh mata Anda namun Anda juga tidak merasa di rugikan untuk menggunakan aplikasi ini. Jadi demi keamanan dan risiko kehilangan yang tidak dapat Anda duga kedepannya, gunakanlah fitur keamanan yang telah disediakan ini untuk Anda pengguna perangkat iOs. Jadi selalu waspada dan berhati-hatilah dalam menjaga barang yang Anda miliki sebelum barang tersebut hilang dan lenyap dari Anda. 

Referensi : Tabloid Pulsa edisi 255

1 comment:

  1. kalau belum instal aplikasi find my iPhone gmn caranya?

    ReplyDelete