Orang kampus memberantas korupsi


Nama komite penyelidikan dan pemberantasan KKN memang identik dengan upaya pemberantasan korupsi di jawa tengah. Sejak berdiri, 13 tahun silam, komite sudah melaporkan puluhan kasus korupsi, yang paling gres adalah kasus Bupati Tegal Agus Riyanto. Sang bupati terbukti bersalah dalam kasus korupsi pembangunan Jalan Lingkar Kota Slawi yang merugikan Negara Rp 3,9 miliar. Dan masih banyak lagi laporan kasus korupsi yang sudha terbukti.
Para aktivis dan akademis di Jawa Tengah berkumpul dan berdiskusi. Dari serangkaian diskusi mucul gagasan untuk mendirikan lembaga ang berfokus menggarap isu pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Begitu resmi berdiri, lembaga ini lansung tancap gas. Beberapa laporan ditanggapi serius oleh aparatur penegak hokum. Salah satunya adalah laporan dugaan korupsi Gubernur Jawa Tengah, Suwardi, dituduh melakukan korupsi dalam pengadaan 100 mobil dinas untuk anggota DPRD Jawa Tengah. Berkat laporan tersebut, semua anggota DPRD yang mendapat mobil dinas harus membayar kembali dengan cara mencicil ke kas Negara.
Aktivis komite mulai sering mendapat teror. Ada surat kaleng, lain kali telepon gelap, ada juga yang bau klenik, suatu hari mereka menemukan garam ditabrkan di sekeliling kantor Komite. Tantangan juga dating dari dalam, beberapa pengurus komite mundur karena tak tahan godaan.waktu 13 tahun bukan perjalanan yang pendek, komite penyelidikan sudah membuktikan integritasnya dalam berbagai penanganan kasus korupsi di Jawa Tengah. Selama ini komite mendapat dana dari berbagai program yang mereka lakukan, dengan dana terbatas itu mereka harus membiayai  berbagai penyelidikan dan menggaji 10 awak lembaga itu. Pada 2012 mereka berencana menggalang dana public, dengan program itu komite penyelidikan berharap nafas mereka jadi bisa lebih panjang.
pendapat saya : kegiatan para aktivis dan kepedulian akademis  di Jawa Tengah seharusnya juga dilakukan didaerah-daerah lainnya sehingga dapat menciptkan persatuan yang kuat untuk menguak kasus korupsi yang ada atau bahka yang belum ditemukan. saling bantu membantu dalam membersihkan dana dari tangan yang mencurangi atau menggelapkannya.

No comments:

Post a Comment