Kesederhanaan adalah kekuatan


Rumah yang sangat sederhana,di ruangan utama yang luasnya 20m persegi, penghuninya harus berbagi dengan tumpukan berkas dan berbagai macam barang. Diruang sumpek dan kusam itulah Pokja 30 berkantor, namun pegiat Pokja asyik-asyik saja dengan ruangan itu. Sebenarnya para pegiat itu bisa menempati kantor yang lebih manusiawi tapi mereka menolak.  Jika diterima, Kahar khawatir public mempertanyakan independensi Pokja. Menjelang pemilihan umum, bersama lembaga swadaya lain, Pokja juga getol mengkampanyekan agar rakyat tak memilih politikus busuk. Teror dan tekanan dari penguasa atau pihak lain merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan Pokja 30.
Pokja 30 berdiri pada 30 Desember 1999 didirikan oleh 30 aktivis dari Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Samarinda. Aktivis Pokja 30 dan mahasiswa melakukan aksi solidaritas mengajak masyarakat bersih dari korupsi di Samarinda. Mereka bertemu dengan Firdaus Hassan, kemudian meminjamkan rumah keluarganya di jalan Danau Maninjau Nomor 12 Samarinda, sebagai markas POKJA. Bantuan itu amat berarti, karena kondisi keuangan Pokja memang sering kering. Mereka juga ogah mencari donator termasuk lembaga-lembaga asing. Kondisi inilah yang membuat tak banyak orang bertahan di Pokja, saat ini yang aktif tinggal 6 orang. Meski begitu, lewat berbagai metode, seperti rekruitmen terbuka, rekomendasi jejaring Pokja atau pengurus, juga pengamatan langsungdari coordinator, Carolus yakin Pokja akan tetap eksis.
Terlepas dari kehidupan pegiat yang nelangsa itu, independensi Pukja dipuji oleh Siswadi, Ketua dewan perwakilan rakyat daerah Samarinda sekaligus ketua anggaran dewan. “Tuah e situ teman-teman yang luar biasa. Yang kurang mungkin jaringan serta keahlian riset dan menulisnya” kata Danang Widoyok, Koordinator ICW. Namun ia memiliki penilaian Pokja masih seperti gerakan mahasiswa sehingga manajemen dan administrasinya perlu dibenahi. Untuk itu pihaknya akan membantu dengan memberikan asistensi.
Pendapat saya : kesederhanaan tidak membuat mereka lantas untuk tidak bertindak dan berperan serta dalam penuntasan masalah yang akan mereka hadapi bersama. bahkan mereka juga mengajak masyarakat untuk bersih dari tindakan korupsi. 

1 comment:

  1. BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms whatshap 085600125176 BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

    ReplyDelete