kepribadian Bangsa Timur


           Kepribadian merupakan suatu sikap yang dimiliki dalam menjalin suatu hubungan dengan lingkungannya sendiri. Kepribadian Bangsa Timur adalah sebuah kepribadian yang menciri khaskan bangsanya sendiri dalam aktivitas keseharian yang dilakukan.
            Bangsa Timur termasuk bangsa yang tertib dan damai, yang sangat identik dengan tutur kata yang lemah lembut, sopan dalam bergaul dan berpakaian, cenderung tidak ada kekerasan dalam masyarakatnya, adanya sikap yang saling tolong menolong. Di bangsa timur masih menjunjung tinggi aturan-aturan / hukum yang berlaku. Ia juga tidak terlepas dari sosialisasi dan rasa solidaritas yang tinggi yang berfungsi untuk mempererat tali persaudaraan antar daerah/negara. Budayanya pun masih sangat kental, contohnya saja di Indonesia masih sering melaksanakan upacara-upacara adat, masih mengembangkan tarian khas daerah, dan masih menggunakan alat musik tradisonal dan semacamnya.
            Kebanyakan masyarakat daripada bangsa timur bersifat agamis, karena nilai budayanya berinti dari agama yang selalu menggunakan hati dalam sesuatu apapun. Dengan hati itu mereka menyatukan akal busi, intuisi, intelegensi, dan perasaan. Pemikirannya lebih menekankan pada unsur jiwa, budayanya lebih disiplin dalam mengendalikan diri, sederhana, dan tidak mementingkan kehidupan duniawi. Bangsa timur patut mencontoh perkembangan teknologi dan pengetahuan yang berkembang seperti bangsa barat, namun demikian kitapun harus berhati-hati dalam mencontohnya jangan sampai kita mencontoh yang tidak patut untuk bangsa kita seperti dari gaya hidupnya yang serba mewah-mewah, sikap individualisme, dan jauh dari agama karena itu akan menyebabkan kita terjerumus dalam hal yang negatif.

No comments:

Post a Comment