Wawasan Nusantara


Upaya pemerintah dan rakyat menyelenggarakan kehidupannya memerlukan suatu konsepsi yang berupa wawasan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup. Wawasan nasional adalah cara pandang suatu negara tentang diri dan lingkungannya dalam pembangunan di tengah-tengah lingkungan baik naasional, regional, maupun global. Wawasan nasional dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dianut oleh negara tertentu termasuk negara Indonesia, dimana dalam menentukan wawasan nasional mengembangkan dari kondisi nyata.
            Wawasan nasional merupakan pancaran dan pancasila oleh karena itu menghendaki terciptanya persatuan dan kesatuan tanpa menghilangkan ciri, sifat, karakter, dan kebhinekaan unsur-unsur bangsa. Sebagian besar negara didunia termasuk indonesia telah meratifikasi konvensi gunevo 1944 (convention on international civil aviation) sehingga kita menganut pemahaman bahwa setiap negara memiliki kedaulatan yang lengkap dan eksklusif terhadap ruang udara diatas wilayahnya dan tidak dikenal adanya hak untuk damai.
            Fungsi wawasan nusantara adalah pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan. Tujuannya adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala bidang terutama mengutamakan kepentingan nasional. Wawasan nusantara mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tetap valid baik sekarang maupun mendatang, sehingga prospek wawasan nusantara dalam era mendatang masih tetap relevan dengan norma-norma global.


Opini :
            Pandangan saya terhadap wawasan nasional adalah kita sebagai manusia yang berpikir dan dikhususkan untuk memiliki pandangan yang luas terlebih mengenai sebuah negara jadi kita diutamakan untuk memiliki wawasan nusantara. Wawasan nusantara yang kita ketahui adalah sebuah pengetahuan atau pandangan kita terhadap suatu bangsa yang menegara dan memiliki rasa persatuan dan kesatuan antar sesama warganya.

Saran :
            Milikilah sebuah wawasan nasional dan tanamkan pada diri kita, karena sebuah wawasan yang kita punya adalah sebuah inspirasi kita untuk menjalani hidup ini secara terarah dan memiliki visi atau tujuan yang jelas untuk kita sendiri dan lebih bagus lagi bisa untuk orang lain juga. Kita hidup dalam suatu wilayah bersama orang-orang yang mereka pun selalu memiliki wawasan sendiri-sendiri dan alangkah baiknya jika wawasan yang kita punya kita kembangkan agar kita pun bisa menciptakan lingkungan yang kondusif.

No comments:

Post a Comment